Keguruan dan Ilmu Pendidikan 26 Mar 2017

Bedah Buku Sastra Melayu "MEGAT"

Pekanbaru- Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UIR, melaksanakan acara akbar Bedah Buku Novel Megat  karya Rida K. Liamsi pada Sabtu (25/3/2 0 17) di Aula Zaini Kunin gedung C. Acara ini di hadiri langsung oleh pengarang novel Megat, Rida K. Liamsi. 

Tampak hadir dalam acara Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya,  S.E., M.A. Beliau mengatakan kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

"Prodi bahasa harus terus melaksanakan kegiatan seperti ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, semoga muncul penyair-penyair baru, pengarang-pengarang baru, ataupun satrawan-satrawan baru yang berasal dari prodi bahasa ini," ujarnya. 

Prof.Dr.Suwardi Endraswara. M.Hum., sebagai pemateri 1 mengatakan bahwa setiap karya sastra kaya akan wadah(kaidah) dan isi (makna), kedua unsur ini tidak boleh dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Beliau menambahkan bahwa novel ini disebut juga sebagai novel etnografi yaitu novel yang menggambarkan suatu etnis khususnya etnis Melayu. Beliau juga menyampaikan bahwa isi novel Megat ini masih kental akan ilmu hitam.

Beliau berharap, bagi setiap mahasiswa yang ingin menulis novel, jangan lupa menulis arti atau pengertian dari karya sastranya. 

 

"Bagi adik-adik mahasiswa yang tertarik untuk menulis sebuah novel atau karya sastra, jangan lupa untuk menulis arti atau pengertian dari karya sastranya. Harapnya.

[ Adm-UIR ]