Keguruan dan Ilmu Pendidikan 25 Sept 2017

FKIP UIR YUDISIUM SARJANA PADA WISUDA PERIODE III 2017

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan yudisium sarjana pada 28 September 2017 di Hotel Furaya Pekanbaru. Acara dimulai pukul 08.30 s.d. 12.30 WIB.  Mahasiswa yang di yudisium ini terdiri dari tujuh program studi, yakni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi. Selain itu, dari tujuh program studi yang ada di FKIP UIR terdapat beberapa mahasiswa dari Thailand, Patani yang telah menyelesaikan studinya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.

Seluruh jemputan, dosen, karyawan, dan wali mahasiswa yudisium sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau hadir menyaksikan acara dengan hikmat. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya beserta Himne Universitas Islam Riau oleh paduan suara Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik FKIP UIR. 

Seluruh jemputan, dosen, karyawan, dan wali mashasiswa disuguhkan dengan tari persembahan yang ditarikan oleh kelompok seni tari Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik, FKIP Universitas Islam Riau, hal ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya lokal terhadap hadirin.

Tarian persembahan ini ditarikan sebagai bentuk penghormatan bagi jemputan dalam acara yudisium sarjana FKIP UIR, seperti yang disampaikan oleh pemandu acara disaat acara bahwa “Tari persembahan merupakan tarian tradisional Melayu yang ditarikan untuk menyambut tamu agung sebagai bentuk penghormatan.

Tari persembahan bertemakan kegembiraan yang diriingi oleh musik khas Melayu yang memiliki nilai-nilai luhur kedisiplinan, kesabaran, ketaatan, dan kebersamaan. Nilai-nilai tersebut teridentifikasi dari setiap lenggokan dalam gerakannya.” 

Pada Kesempatam ini Wakil Dekan Bidang Kademik Dr. Hj. Sri Amnah, M.Si.,  mengumumkan nama-nama pemuncak program studi (Prodi) hingga pemuncak tingkat Fakultas, hal ini sebagai wujud penghargaan fakultas kepada mahasiswa yang berprestasi. 

Pemuncak Fakultas dari Program Studi Pendidikan Biologi atas nama Ema Lestari dengn IPK 3,92 (Dengan Pujian) dan sekaligus menjadi pemuncak tingkat Universitas. Pada Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh Chintiya Rama IPK 3,79 (Dengan Pujian). Pendidikan Bahasa Inggris oleh Nova Kurnia IPK 3,72 (Dengan Pujian), Pendidikan Matematika oleh Aisyah Admira IPK 3,79 (dengan Pujian), Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik oleh Zhafira Huda IPK 3,87 (Dengan Pujian), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi oleh Otaria Andika, IPK 3,75 (dengan Pujian), Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi oleh Linda Mahardika Rini, IPK 3,88 (dengan Pujian).

Dekan FKIP UIR, Drs. Alzaber, M.Si., pada sambutannya, memberikan penghargaan kepada seluruh pemuncak. Ia juga juga mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yudisium sarjana FKIP UIR, agar dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat sebagaimana mestinya dan menjadi Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang memiliki kopetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial  serta dapat menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dekan juga menginformasikan bahwa saat ini FKIP memiliki 2 Prodi Baru “ Saat ini FKIP UIR telah menambah program studi baru dan telah melakukan penerimaan mahasiswa sejak tahun 2017-2018 yakni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Kimia. Oleh karena itu, diharapkan kerja sama dari berbagai pihak untuk menginformasikannya kepada masyarakat sekitarnya, hal ini sebagai wujud perhatian FKIP UIR terhadap kondisi pendidikan di Riau, dan umunya di Indonesia” tambahnya.

[ Adm-UIR ]