Keguruan dan Ilmu Pendidikan 22 Mar 2018

150 Mahasiswa Prodi Matematika UIR Ikuti Kegiatan Khatam Alqur'an

Pekanbaru:  Sebanyak 150 mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau mengikuti kegiatan khatam Alqur'an di Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Kamis pagi (22/3).

Sebelumnya, ke-150 peserta khatam sempat diarak keliling  kampus oleh ratusan mahasiswa dengan iringan rebana dan kompang. Serta asesories lainnya dengan memakai baju busana muslim warna putih jilbab biru dongker.

Usai arak-arakan para peserta bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Ketua-ketua program studi memasuki ruang acara yang telah disediakan di FKIP untuk mengikuti prosesi acara khatam. Di tempat itu satu persatu dari 150 mahasiswa diminta membaca Alquran. Lalu ditutup dengan doa khatam.

Menurut Dekan FKIP Drs. H. Alzaber, M.Si yang diwakili Wakil Dekan III Muslim, S.Kar, khatam Alqur'an yang merupakan kegitan rutin tahunan dilaksanakan agar mahasiswa Pendidikan Matematika gemar membaca qur'an. Di samping itu, dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa termotivasi mendalami ilmu-ilmu Alqur'an.

''Kita juga ingin melahirkan generasi qur'ani yang beriman dan bertaqwa,'' kata Muslim di Kampus FKIP UIR Pekanbaru usai mengikuti acara khatam.

Diakui, program khatam bagi mahasiswa matematika yang kedua di tahun 2018 ini, membawa dampak positif bagi mahasiswa, bagi FKIP dan juga untuk UIR. ''Kita akan terus laksanakan acara ini setiap tahun. Tahun depan peserta khatam diharapkan lebih banyak lagi dari tahun  ini,'' ujar Muslim.

Dari kegiatan khatam, lanjut Muslim, fakultas bisa mengukur sejauhmana kemampuan mahasiswa membaca qur'an termasuk mensenikan bacaanya. Dari khatam ini pula, pihak dapat menanamkan roh keislaman pada diri mahasiswa sebagaimana diamanahkan oleh para pendiri UIR. ''Diantara huruf 'U' dan 'R' ada huruf 'I' yang berarti Islam. Nilai keislaman itu harus menjadi identitas bagi mahasiswa UIR sebagai modal mereka dalam kehidupan,'' ujar Muslim singkat.*

[ Humas UIR ]