Keguruan dan Ilmu Pendidikan 30 Agus 2018

Agar Siswa tak Takut Belajar Matematika FKIP UIR Seminarkan pembelajaran Berbasis ICT

PEKANBARU: Langkah maju diambil Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Untuk menghindari peserta didik tidak takut belajar matematika, FKIP UIR menggelar seminar nasional bertajuk, ‘Peranan ICT dalam Pembelajaran Matematika Era Digital’.

Seminar yang berlangsung di Gedung Pascasarjana UIR itu dibuka Rektor Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L pada Rabu (29/8). Hadir dalam pembukaan seminar Wakil Rektor I Dr. H. Syafhendry, Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi, Dekan FKIP Drs. H. Alzaber, dosen dan ratusan mahasiswa serta guru-guru bidang studi Matematika. Seminar menghadirkan sejumlah nara sumber.

Mereka adalah Prof. H. Yaya S. Kusumah, M.Sc., Ph.D. Direktur Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia itu menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang ‘Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa/Mahasiswa dalam Menghadapi Era Teknologi Digital’. Selain itu Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc dengan judul makalah ‘Pemanfaatan Teknologi untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa’. Sementara dari FKIP tampil Dr. Hj. Zetriuslita, S.Pd., M.Si (Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra dalam Memfasilitasi Pengembangan Sikap Curiosity Matematika). Serta H. Abdul Jamal, MPd sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Ketua Pelaksana Seminar, Dr. Hj. Zetriuslita menyebutkan, perkembangan Informasi, Komunikasi dan Teknokogi (ICT) di era digital saat ini, telah memberi manfaat besar dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Pembelajaran ICT di lingkungan sekolah/universitas merupakan hal yang sangat penting karena meningkatnya kebutuhan informasi dan komunikasi dalam berbagai keperluan.

ICT yang disimbolkan oleh perangkat komputer dan jaringan internet serta perangkat komunikasi, menurut Zetri, telah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja para pelajar mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. ”Pembelajaran matematika merupakan salah satu unsur dalam dunia pendidikan. Matematika sendiri sudah diperkenankan sejak tingkat dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Kegunaannya bukan semata memberikan kemampuan dalam berhitung melainkan juga menata cara berfikir, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi sampai kepada kemampuan memecahkan kebenaran suatu konsep,” kata Zetri.

Dosen FKIP ini menjelaskan, ciri utama matematika penalaran adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan yang diperoleh secara logis dan kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten.

”Tapi sayangnya matematika sering dipandang dipandang sebagai hal yang menyulitkan, mata pelaran yang sukar sehingga matematika sudah dianggap sebagai momok yang menakutkan. Dengan menggunakan metyode metode pembelajaran berbasis ICT atau berbantuan ICT diharapkan peserta didik tidak menganggap pelajaran matematika menjadi menakutkan dan membosankan. Diharapkan pula peserta didik belajar menyenangkan,” tukas Zetri.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L dan Dekan FKIP Drs. Alzaber, M.Si menyambut baik pelaksanaan seminar ini apalagi nara sumber yang berkontribusi dalm pertemuan ilmiah ini adalah mereka yang ahli di bidangnya. ”Semoga dari seminar ini lahir pemikiran yang dapat menjadi solusi atas problem pembelajaran matematika yang menjadi momok bagi peserta didik,” kata Rektor berharap.

[ Adm-UIR ]