Visi, Misi, dan Tujuan FKIP Universitas Islam Riau

Visi

Visi FKIP Universitas Islam Riau adalah mewujudkan FKIP UIR Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang unggul, profesional dan kompetitif dalam menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki standar kompetensi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami serta memiliki nilai kebanggan dan kebangsaan sebagai warga negara Indonesia yang bermartabat pada tahun 2020.

Misi

Misi FKIP Universitas Islam Riau adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdayasaing tinggi, adaptif, beriman dan bertaqwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia, cinta tanah air, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.

2. Meningkatkan profesionalisme tenaga akademik sesuai dengan spesialisasi disiplin ilmu yang dimiliki, serta meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan bobot akademik tenaga akademik dan mendukung peningkatan kualitas kompetensi lulusan dibidang pendidikan.

3. Menerapkan manajemen partisipatif, subtantif, serta tranparansif dengan melibatkan seluruh komunitas fakultas, unit-unit pelaksana, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholders).

4. Mewujudkan pemberdayaan seluruh elemen civitas akademika dalam mendesain seluruh program pengembangan fakultas dalam rangka menjamin terwujudnya atmosfir akademik yang kondusif.

5. Meningkatkan kerja sama yang sinergis dengan pengelola pendidikan tingkat daerah, nasional, dan regional dalam rangka distribusi penggunaan lulusan dan peningkatan mutu pendidikan.

Tujuan FKIP UIR

Berdasarkan Visi dan Misi FKIP UIR, maka untuk merelisasikan visi dan misi tersebut ditetapkan 10 (sepuluh) tujuan pencapaian visi dan misi FKIP UIR, ke-10 (sepuluh)tujuan tersebut adalah:

1. Mewujudkan kelembagaan organisasi yang kuat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di FKIP UIR. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di FKIP UIR.

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal stratadua (2) dan strata tiga (3) serta kualifikasi jabatan fungsional Dosen  pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional guru besar.

3. meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana akademik serta mengoptimalkan pemanfaatan dalam rangkameningkatkan pelayanan publik terhadap seluruh stakeholderFKIP UIR.

4. menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan dibidang pendidikan, dengan penekanan pada:

a. membentuk lulusan tenaga pendidik dan kependidikan berbagai program studi yang mengenal peserta didik secara mendalam hingga pelayanan proses pembelajaran kepada setiap individu anak menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

b. Membentuk lulusan tenaga pendidik dan kependidikan berbagai programn studi yang benar-benar menguasai bidang keahliannya, baik secara keilmuan maupun kependidikan.

c. Membentuk lulusan tenaga pendidik dan kependidikan berbagai program studi yang mampu dan berkompeten menyusun rencana pembelajaran yang baik dan efektif, mampu melaksanakan rencana pembelajaran secara efesien dan berdisiplin tinggi, serta mampu melakukan penilaian hasil proses pembelajaran secara adil, transparan, sesuai dengan kriterian penilaian, dan jujur.

d. Membentuk lulusan tenaga pendidik dan kependidikan berbagai program studi yang mampu menindaklanjuti hasil penilaian proses pembelajaran sebelumnya melalui berbagai usaha pembimbingan, remedial dan pelatihan khusus.

e.Membentuk lulusan tenaga pendidik dan kependidikan berbagai program studi yang mampu melakukan berbagai penelitian, pendidikan, terutama penelitian tindakan kelas, dan berinisiatif untuk melakukan pengembangan diri sehingga semakin profesional dalam melaksanakn pekerjaannya.

5.Menyelenggaran program penelitian dan mengapdian pada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan.

6. Mewujudkan peningkatan daya saing FKIP UIR dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya dan publikasi ilmiah yang berbasis pada Riset dibidang pendidikan.

7. Mewujudkan akuntabilitas dan transparansi manajemen pengolahan keuangan FKIP UIR, berdasarkan prinsip-prinsip Good Faculty Governance.

8. Meningkatkan sistem pemberdayaan seluruh elemen civitas akademika dalam mendesain seluruh program kerja fakultas, terwujudnya artmosfir akademik yang kondusif.

9. Meningkatkan sinergi kerja sama antara FKIP UIR dalam LPTK Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah Provinsi Riau, dan Provinsi Kepulauan Riau serta kawasan regional Sumatera dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat dibidang pendidikan.

 

10. Mewujudkan organisasi kelembagaan mahasiswa yang kuat dan mendorong pengembangan penalaran keilmuan dan keterampilan serta jiwa kewirausahaan di bidang pendidikan.

[ Admin Fkip ]