Sejarah Pendidikan Bahasa Indonesia

Data Belum Ada

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

"Visi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia adalah pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dalam ilmu pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman."

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan terbakukan ;
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian, mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik dalam bidang pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjama dalam bidang pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan lembaga pemerintahan dan swasta tingkat nasional maupun intersional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas dan mandiri yang mampu menguasai ilmu-ilmu pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dan terampilan menerapkan pendidikan dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta mampu bersaing di era globalisasi.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi (keterampilan) pendidikan Bahasa maupun paradigmatic, yang dapat memperkaya khasanah pengembangan dalam semua dimensinya, Dallam rangka antisipasi perkembangan global.
  3. Meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan cara menciptakan metode yang maju sosiaisasi dan penerangan pendidikan, konsultasi dan bantuan pendidikan, penyuluhan pendidikan, serta pembinaan layanan pendidikan.

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Terwujudnya dan dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan keterampilan di bidang pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, baik aspek teoritik maupun praktik pendidikan.
  2. Terwujudnya masyarakat akademik kreatif, kompeten, dan berdaya saing tinggi, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan dan teknologi (keterampilan) pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, sebagai upaya mengantisipasi perkembangan global.
  3. Berkembangannya system interaktif dan jejaring dengan para pemangku kepentingan, baik dalam relasi social, kepemerintahan yang kondusif maupun kewirausahaan
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas, kreatif, inovatif dan dapat bersaing di pasar kerja serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dapat dilihat pada link berikut ini:

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 2008 Lihat Disini

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 2013 Lihat Disini

Program Kerja Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Data Belum Ada