Sejarah Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (selanjutnya dinyatakan dengan PSPBI) berdiri pada tanggal 24 Juni 2005 dengan dasar Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 2004/D/T/2005. PSPBI berada di bawah organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (selanjutnya dinyatakan dengan FKIP) yang telah berdiri sejak 1982. Pertama, membentuk tim perus dan mengadakan studi kelayakan, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan proposal. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan SK Rektor Nomor 11/UIR/Kpts/82 tanggal 25 Maret 1982. Upaya periode pertama ini memerlukan waktu sekitar satu bulan. Kedua, pada akhir bulan April 1982, proposal dikirimkan ke Kopertis Wilayah I di Medan. Sekitar satu bulan setelah pengiriman proposal, Kopertis Wilayah I Medan menerbitkan SK Izin Operasional Nomor 013/PD/Kop. I/82, tanggal 5 Juni 1982. Pada Periode kedua ini, Dewan pimpinan YPLI Daerah Riau mengangkat Dr. M. Diah Zainuddin, M.Ed. sebagai pejabat dekan dan Drs. Abu Bakar Rambah sebagai sekretaris fakultas. Kemudian dilanjutkan dengan penerimaan mahasiswa pertama sebanyak 86 orang. Ketiga, setelah sekitar dua tahun menyelenggarakan perkuliahan, Departemen P dan K RI menerbitkan SK status terdaftar melalui SK Menteri P dan K RI Nomor 085/0/1984, tanggal 5 Maret 1984. Universitas Islam Riau (selanjutnya dinyatakan dengan UIR) sebagai institusi tertinggi yang membawahi PSPBI telah dirintis sejak tahun 1982. PSPBI menjadi organisasi yang baru beranjak tumbuh berkembang di bawah induk organisasi yang telah siap bersaing di kancah internasional, sehingga PSPBI perlu memacu diri untuk dapat melakukan percepatan bergerak selaras dengan organisasi induknya. PSPBI mempunyai visi dan misi yang mencakup tridharma perguruan tinggi, namun membutuhkan jangka waktu bertahap untuk mewujudkan visinya yang selaras dengan visi UIR.

Penyelenggaraan PSPBI menaati Statuta UIR serta Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UIR. Penjaminan mutu pengelolaan PSPBI termasuk proses belajar mengajar didukung Sistem Penjaminan Mutu Akademik yang dimotori Lembaga Pusat Penjamin Mutu (LP2KM) di tingkat universitas, Unit Pelaksana Teknis Penjamin Mutu (UPT PM) di tingkat fakultas dan Gugus Kendali Mutu (GKM) di tingkat jurusan. Organisasi PSPBI dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi (selanjutnya disebut dengan Kaprodi) yang dalam menjalankan manajemen internal dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi (selanjutnya disebut dengan Sekprodi). Kaprodi bertanggungjawab terhadap pengelolaan program studi dan memiliki tugas merencanakan, mengorganisasi, dan mengawasi jalannya pengelolaan program studi. Pelaksanaan administrasi pengelolaan PSPBI ditunjang oleh tenaga kependidikan yang tergabung dalam urusan akademik atau recording yang dipimpin oleh seorang kepala urusan akademik program studi. Selama proses belajar mengajar, Kaprodi dibantu oleh Ketua Kelompok Dosen Keahlian (selanjutnya disebut dengan KKDK) untuk mengkoordinasi pembelajaran dan penelitian dalam konsentrasi yang serumpun, serta dibantu oleh Kepala Laboratorium (selanjutnya disebut dengan Kalab) untuk mengelola laboratorium dan praktikum. Kaprodi, Sekprodi, KKDK, dan Kalab dipilih secara demokratis dalam rapat pleno program studi berdasarkan kemampuan kepemimpinan dan keahlian. Pejabat struktural yang terpilih selanjutnya ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

"Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dalam ilmu Program Studi pendidikan Bahasa Inggris menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme yang dilandasi moral dan etika ke-Islaman pada Tahun 2020"

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas dan terbakukan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi, adaptif, beriman dan bertaqwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia, cinta tanah air, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab;
  2. Meningkatkan profesionalisme tenaga akademik sesuai dengan spesialisasi disiplin ilmu yang dimiliki, serta meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan bobot akademik tenaga akademik dan mendukung peningkatan kualitas kompetensi lulusan di bidang pendidikan;
  3. Meningkatkan kegiatan penelitian, mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik dalam bidang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas;
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris;
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan lembaga pemerintah dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Mewujudkan kelembagaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR yang kuat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional Guru Besar.
  3. Mengoptimalkan pelayanan program studi terhadap mahasiswa dan seluruh stakeholders FKIP UIR.
  4. Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/ keterampilan sehingga berdaya saing tinggi, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan di bidang pendidikan, dengan penekanan kepada:
    • a. Membentuk lulusan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang mengenal peserta didik secara mendalam sehingga pelayanan proses pembelajaran kepada setiap individu anak menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

      b. Membentuk lulusan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang benar-benar menguasai bidang keahliannya, baik secara keilmuan maupun kependidikan.

      c. Membentuk lulusan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang mampu dan berkompeten menyusun rencana pembelajaran yang baik dan efektif, mampu melaksanakan rencana pembelajaran secara efisien dan berdisiplin tinggi, serta mampu melakukan penilaian hasil proses pembelajaran secara adil, transparan, sesuai dengan kriteria penilaian, dan jujur.

      d. Membentuk lulusan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang mampu menindak lanjuti hasil penilaian proses pembelajaran sebelumnya melalui berbagai usaha pembimbingan, remedial, dan pelatihan khusus.

      e. Membentuk lulusan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang mampu melakukan berbagai penelitian pendidikan, terutama penelitian tindakan kelas, dan berinisiatif untuk melakukan pengembangan diri sehingga semakin profesional dalam melaksanakan pekerjaannya.

  5. Menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang Program Bahasa Inggris.
  6. Mewujudkan peningkatan daya saing Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR dalam penerapan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya dan publikasi Ilmiah yang berbasis pada Riset di bidang pendidikan.
  7. Mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dengan membantu perencanaan keuangan FKIP UIR, berdasarkan prinsip-prinsip Good Faculty Governance di program studi.
  8. Mewujudkan sistem pemberdayaan seluruh elemen civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR dalam mendesain seluruh program kerja fakultas, terwujudnya atmosfir akademik yang kondusif.
  9. Mewujudkan sinergi kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR dengan LPTK Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah di Propinsi Riau, dan Propinsi Kepulauan Riau serta kawasan regional Sumatera dalam pelaksanaan Caturdharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang Program Bahasa Inggris .
  10. Mewujudkan organisasi kelembagaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR yang kuat dan mendorong pengembangan panalaran keilmuan dan keterampilan serta jiwa kewirausahaan di bidang Program Studi Bahasa Inggris.

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Terwujudnya dan dihasilkannya lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan keterampilan dibidang pendiikan bahasa inggris,baik aspek teoritik maupun praktik pendidikan.
  2. Terwujudnya masyarakat akademik kreatif,kompeten dan berdaya saing tinggi,dalam mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan dan tekonologi (keterampilan) pendidikan bahasa inggris,sebagai upaya mengantisipasi penrkembangan global.
  3. Berkembangnya sistem interaktif dan jejaring dengan para pemgku kepentingan,baik dalam relasi sosial,kepemerintahan yang kondusif maupun kewirausahaan.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahsa inggris yang berkualitas,kreatif,inovatif dan bersaing dipasar kerja serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada link berikut ini:

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2008 Lihat Disini

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2013 Lihat Disini

Tabel Daftar Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lihat Detail Tabel