Sejarah Pendidikan Guru SD

Izin Prodi sesuai dengan Surat Keterangan (SK) Dikti, Nomor 393/KPT/I/2016.

Visi Program Studi Pendidikan Guru SD

"Terwujudnya program studi yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing, melalui pembelajaran, penelitian dan pengabdian berbasis IPTEKS dan IMTAQ yang diakui secara nasional dan internasional pada tahun 2036"

Misi Program Studi Pendidikan Guru SD

Dalam rangka mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR, maka disusun misi sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang unggul, berkarakter dan berdaya saing melalui penanaman nilai-nilai karakter keislaman.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas dan sistematis melalui penerapan kurikulum berorientasi KKNI dan keunggulan lokal.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengkajian yang kreatif, inovatif serta menghasilkan publikasi ilmiah pada skala Nasional dan Internasional.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan IMTAQ dan IPTEKS, serta sebagai pusat penelitian dan pengabdian di masyarakat melalui strategi sekolah binaan.

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru SD

Tujuan dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR, dengan merujuk pada Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berorientasi pada level 6 KKNI adalah untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu mengimlementasikan keahliannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat guna secara profesional yang berlandaskan karakter keislaman di Sekolah Dasar.
  2. Terampil berorientasi pada kearifan lokal melalui pembelajaran yang kreatif dan inovatif sebagai bentuk pengembangan ilmu pengetahuan secara aktual dan berbudaya di Sekolah Dasar.
  3. Mampu menyelesaikan permasalahan ilmu pengetahuan dan permasalahan pembelajaran dengan berbagai alternatif solusi, hingga mampu menghasilkan karya ilmiah yang kreatif, orisinal, dan teruji.
  4. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi pemberdayaan sekolah dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Guru SD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sesuai yang tertuang di dalam Renstra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2016-2020. Sasaran dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kurikulum dan perangkat kurikulum (Silabus, RPS, Kontrak Kuliah dan Bahan Ajar) yang terstandar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan
  3. Profesionalisme sumber daya manusia di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR.
  4. Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif.
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memenuhi standar ilmiah.
  6. Menjalin kerjasama melalui program "Sekolah Binaan" untuk jenjang Sekolah Dasar khususnya di Provinsi Riau.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru SD

Program Kerja Program Studi Pendidikan Guru SD

Untuk merealisasikan sasaran, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melakukan aktivitas sebagai berikut;

  1. Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmiah pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan Silabus, RPS, Kontrak Kuliah, Bahan Ajar dan Karya Ilmiah.
  3. Meningkatkan kemampuan dosen dengan mengikuti seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Meningkatkan kemampuan dosen melalui tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  5. Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  7. Pengembangan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
  8. Pengembangan laboratorium microteaching yang berbasis teknologi informasi, sekolah laboratorium dan laboratorium Guru Sekolah Dasar.
  9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun swasta.
  10. Sasaran dan strategi pencapaian sasaran tersebut tercakup dalam program kerja Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR yang meliputi enam bidang pengembangan:

  1. Bidang Organisasi dan Manajemen
    • a. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional guru besar.

      b. Peningkatan manajemen partisipatif, substantif, serta tranparansif dengan melibatkan seluruh komunitas fakultas, unit-unit pelaksana, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholders).

      c. Mewujudkan kelembagaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR yang kuat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR.

      d. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR.

      e. Melakukan pengembangan sistem penjaminan mutu dengan membentuk Gugus Kendali Mutu (GKM).

      f. Penyusunan Prosedur Tetap Operasional (PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

  2. Bidang Pengembangan Pendidikan dan Kemahasiswaan
    • a. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan mengundang Guru Besar Tamu dari luar universitas.

      b. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) 2013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR sebagai LPTK yang berbasiskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan pengintegrasian kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder.

      c. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep Student Center Learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah (Problem Based Learning/PBL), melakukan up-dating bahan ajar, kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.

      d. Meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti; Pembimbingan Akademik (PA), Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Skripsi serta kegiatan non akademik (workshop, seminar, lokakarya, pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainnya.

      e. Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan dibidang pendidikan terutama pendidikan Guru Sekolah Dasar.

      f. Pengembangan soft-skills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan di luar kampus.

  3. Bidang Pengembangan Penelitian dan Karya Ilmiah
    • a. Peningkatan program penelitian dan karya ilmiah yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan.

      b. Melakukan sinergi riset-riset dibawah payung penelitian pendidikan Guru Sekolah Dasar sehingga lebih optimal manfaatnya bagi pengembangan ilmu terkait.

      c. Meningkatkan relevansi penelitian pendidikan Guru Sekolah Dasar terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

      d. Meningkatkan kerjasama penelitian pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan stakeholders.

      e. Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah yang didukung oleh fakultas dan universitas serta memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional dan internasional yang bermutu.

  4. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
    • a. Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan.

      b. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat mandiri serta melalui kerja sama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota serta CSR (Corporate Social Responsibility) dunia usaha.

      c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Guru Sekolah Dasar di sekolah-sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema peningkatan mutu pembelajaran Guru Sekolah Dasar.

  5. Bidang Pengembangan Kerjasama Institusional
  6. Mengembangkan kerjasama nasional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri menuju pencapaian kualitas institusi berstandar nasional dengan cara :

      a. Peningkatan kerjasama antara FKIP UIR dengan LPTK perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah di Propinsi Riau, dan Propinsi Kepulauan Riau serta kawasan Regional Sumatera dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan.

      b. Melakukan kerjasama penelitian dengan baik dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainnya.

      c. Menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

  7. Bidang Penunjang Penyelenggaraan Program Studi
    • a. Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

      b. Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan, akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi.

      c. Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar.

      d. Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

      e. Perbaikan birokrasi (peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

      f. Menyiapkan fasilitas tracer study dengan komunikasi yang lebih intensif melalui internet (email khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, blog program studi, social media dan lain-lain).