Sejarah Pendidikan Kimia

IProgram Studi Pendidikan Kimia FKIP UIR diusulkan pada tanggal 31 Desember 2015 oleh TIM PENYUSUN PROPOSAL Program Studi Pendidikan Kimia yaitu Asyti Febliza, M.Pd, Sri Wilda Albeta, M.Pd, Putri Ade Rahma Yulis, S.Pd, M.Si, Yelfira Sari, M.Si, Arief Yandra Putra, M.Si, dan Oktariani, M.Pd serta disetujui oleh DIKTI pada bulan Juni 2016 dengan SK Pendirian Prodi SK DIKTI Nomor : 203/KPT/I/2017. Prodi Pendidikan Kimia UIR mulai melaksanakan penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2017/2018.

Visi Program Studi Pendidikan Guru SD

"Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang bermutu dan unggul melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kompetensi pedagogik, sains, teknologi, yang berjiwa enterpreneur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami"

Misi Program Studi Pendidikan Kimia

Untuk mewujudkan visi di atas, maka misi Prodi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Riau adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan MIPA yang inovatif, berkualitas dan berbasis riset untuk menghasilkan calon guru kimia
  2. Menghasilkan lulusan pendidikan kimia yang memiliki kompetensi pedagogik, sains, teknologi, yang berjiwa enterpreneur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami.
  3. Menyiapkan sarana-prasarana yang mendukung menyelenggaraan pendidikan yang bermutu
  4. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan kimia dan menyebarluaskan hasil penelitian secara nasional dan internasional
  5. Melakukan Pengabdian dengan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia pada pihak pengguna
  6. Membangun jejaring kerjasama yang kuat dengan stakeholders untuk peningkatan mutu untuk mendukung laju pengembangan ilmu kimia dan pendidikan kimia
  7. Membina civitas akademika yang ditujukan pada terwujudnya masyarakat kampus yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami

Tujuan Program Studi Pendidikan Kimia

Tujuan program sarjana di Prodi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Riau yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan kimia yang memiliki kompetensi pedagogik, sains, teknologi, yang berjiwa enterpreneur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami melalui kurikulum yang disusun dengan mempertimbangkan model kurikulum pendidikan kimia pada tingkat nasional dan internasional
  2. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan kreatif untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pendidikan kimia serta dapat menerapkannya dalam inovasi pembelajaran kimia
  3. Mampu mengelola satuan pendidikan/lembaga pendidikan serta menghasilkan produk penelitian kimia inovatif berbasis ramah lingkungan sesuai perkembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat.
  4. Mampu menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan kimia secara ilmiah
  5. Menghasilkan karya ilmiah mahasiswa/dosen yang dipublikasikan dalam jurnal/seminar nasional dan internasional
  6. Melibatkan civitas akademika Prodi Pendidikan Kimia dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan masyarakat
  7. Mampu bekerjasama dalam tim dan memiliki komitmen terhadap pengembangan potensi diri dalam rangka pembentukan karakter yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang islami.

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan kimiaFKIP UIR secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sebagai berikut:

  1. Memiliki kurikulum dan perangkat kurikulum (silabus, RPS dan bahan ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran;
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
  3. Profesionalisme sumber daya manusia di Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR;
  4. Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif, mampu menjadi guru, peneliti pendidikan dan berjiwa entrepreneur
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan kimia yang memenuhi standar ilmiah.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru SD

Program Kerja Program Studi Pendidikan Kimia

Adapun untuk merealisasikan sasaran dan strategi pencapaian tersebut maka Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR merancang program kerja meliputi enam bidang pengembangan sebagai berikut:

  1. Bidang Organisasi dan Manajemen Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR
  2. a. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik melalui pendidikan formal Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional Dosen pada berbagai jenjang

    b. Peningkatan manajemen partisipatif, substantif, serta transparansif dengan melibatkan seluruh komunitas fakultas, unit-unit pelaksana, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholders);

    c. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR

    d. Melakukan pengembangan sistem penjaminan mutu dengan membentuk Gugus Kendali Mutu (GKM)

    e. Penyusunan Prosedur Tetap Operasional (PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di program studi

  3. Bidang Pengembangan Pendidikan dan KemahasiswaanProgram Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR
  4. a. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan mengundang Guru Besar Tamu dari luar universitas bahkan luar negeri

    b. Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR sebagai LPTK yang berbasiskan Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI), tracer study bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan pengintegrasian kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholders;

    c. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep Student Center Learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah (Problem Based Learning/PBL), melakukan up-dating bahan ajar, kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen;

    d. Meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti; kegiatan Pembimbingan Akademik (PA), Praktek Program Lapangan (PPL) dan Skripsi dan nonakademik (workshop, seminar, lokakarya, Olimpiade Kimia,pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan sivitas akademika lainnya;

    e. Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan sebagai guru, peneliti pendidikan kimia,berjiwa entrepreneur sehingga berdaya saing tinggi

    f. Pengembangan soft-skills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan diluar kampus

    g. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membuat produk-produk kimia dan pendidikan kimia untuk di promosikan dan dipasarkan di dalam dan luar kampus

  5. 3) Bidang Pengembangan Penelitian dan Karya Ilmiah Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR
  6. a. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melakukan penelitian dan karya ilmiah yang terarah dan berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi pendidikan kimia dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan;

    b. Melakukan sinergi riset-riset dibawah payung penelitian di bidang pendidikan Kimia sehingga lebih optimal dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu terkait;

    c. Meningkatkan relevansi penelitian pendidikan Kimia terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja;

    d. Meningkatkan kerjasama penelitian pendidikan Kimia dengan stakeholders;

    e. Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah dan didukung oleh fakultas serta universitas serta memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional dan internasional yang bermutu;

  7. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR
  8. a. Peningkatan program pengabdian pada masyarakat yang mengarah kepada bidang ilmu kimia dan pendidikan dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang ilmu kimia dan pendidikan melalui pengabdian masyarakat;

    b. Menyelenggarakanberbagai kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri serta melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota serta CSR (Corporate Social Responsibility) dunia usaha;

    c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Kimia di sekolah-sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema peningkatan mutu pembelajaran Kimia.

  9. Bidang Pengembangan Kerjasama Institusional
  10. Mengembangkan kerjasama nasional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negerimenuju pencapaian kualitas institusi berstandar nasional dengan cara :

    a. Peningkatan kerjasama antara Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR dengan LPTK Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah di Propinsi Riau, dan Propinsi Kepulauan Riau serta kawasan regional Sumatera dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia

    b. Melakukan kerjasama penelitian dengan baik dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainnya;

    c. Menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR.

  11. Bidang Penunjang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan KimiaFKIP UIR
  12. a. Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi

    b. Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan, akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi

    c. Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar

    d. Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu

    e. Menyiapkan fasilitas tracer study dengan komunikasi yang lebih intensif melalui internet (e-mail khusus yang dapat diakses oleh semua sivitas akademika, blog program studi dan lain-lain), telepon, smsdan grup di social media.