Sejarah Pendidikan Matematika

Data Belum Ada

Visi Program Studi Pendidikan Matematika

"Terwujudnya Program Studi yang unggul dalam ilmu pendidikan matematiak menuju kemajuan dan perubahaan yang mampu memberiakan sumbangan yang optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman menjelang tahun 2020."

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

Misi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program pendidika matematika yang berkualitas dan terbakukan yang dilandasi moral dan etika ke islaman;
  2. Meningkatkan kegiatan penelian,mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik dlam bidang pendidikan matematika sehinggga terselenggarakannya penelitian yang berkualitas;
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan pendidikan matematika;
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama dalam bidang pendidikan matematika dangan lembaga pemerintahan dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat sehingga menghasilkan sarjana yang profesional bisa diandalkan di bidang pendidikan matematika dengan semangat pengapdian dan pelayanan yang silandasi nilaimoral dan etika ke islaman;
  2. Menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia,bertanggung jawab,dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman serta mampu memberikan sumbangan optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter bangsa;
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berkualitas,kreatif,inovatif,dan dapat bersaing di pasar kerja serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Sasaran Program Studi Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR secara terencana telah meruskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang sitetapkan sebagai berikut:

  1. Memiliki kurukulum dan perangkat kurikulum (silabus,SAP,kontrak perkuliahan,dan bahan ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran;
  2. Tersedianya saran dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
  3. Profesionalisme sumber daya manusia di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR;
  4. Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif;
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian,pengabdian kepada masyarakat,dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan matematika yang memenuhi standar ilmiah.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika

Kurikulum Prodi Matematika dapat dilihat pada link berikut ini:

Kurikulum Prodi Matematika 2008 Lihat Disini

Kurikulum Prodi Olahraga 2013 Lihat Disini

Program Kerja Program Studi Pendidikan Matematika

Adapun untuk merealisasikan sasaran dan strategi pencapaian tersebut maka Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR merancang program kerja dari 2012-2016 yang meliputi 6 bidang pengembangan :

  1. Bidang Organisasi dan Managemen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  2. a.Peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidikan dan kependidikan melalui pendidikan formal strata dua(S2) dan strata tiga(S3) serta kulifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan guru fungsional guru besar;

    b.peningkatan managemin partisipatif,substantive,serta transparatif dengan melibatkan seluruh komunitas dakultas,unit-unit pelaksanaan,dan kelompok kepentingan terkait(stakeholder);

    c.memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR;

    d.Melakukan pengembangan system penjamin mutu dengan membentuk Gugus kendali Mutu(GKM);

    e.Penyusun Prosedur tetap operasional(PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisien penyelenggaraan pendidikan di program studi;

    f.Mewujudkan kelembagaan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR yang kuat untuk engoptimalkan efektivits dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR.

  3. Bidang pengembangan pendidikan dan kemahasiswaan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  4. a.meningkatkan kalitas proses belajar mengajar dan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan mengundang guru besar tamu dari lar universitas bahkan luar negeri;

    b.rekontruksi dan pengembangan kurikulum pendidikan tinggi(KPT) 2013 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR sebagai LPTK yang berbasiskan kualifikasi kompetensi nasional Indonesia(KKNI),tracer studi bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan pengintegrasian kebutuhan stakeholder pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder;

    c.memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep student center learning(SCL),serta belajar berdasarkan masalah(Problem based learning/PBL),melakukan up-dating bahan ajar,kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa,peningkatan jumlah buku ajar,handout,dan modul kuliah yang diterbitkan dosen;

    d.Meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti;kegiatn pendidikan akademik((PA),praktek program lapangan(PPL) dan skripsi dan nonakademik (workshop,seminar,lokalkarya,olimpiade matematika,lomba madding 3D,kemah bakti,pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswi dengan civitas akademika lainnya;

    e.peningkatan kualitas yang bertaqwa kepada tuhan yng maha esa,berakhlakmulia,semangat ilmiah,professional,mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi,serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembanggkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan di bidang penndidikan;

    f.pengembangan soft-skill mahasiswa dengan pembinaan penalaran,minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan kampus.

  5. Bidang pengembangan penelitian dan karya ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  6. a.peningkatan program penelitian dan karya ilmiah yang lebih terarah dan berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi pendidikan matematiak dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan;

    b.melakukan sinergi riset-riset di bawah paying penelitian di bidang pendidikan matematika sehingga lebih optimal dimanfaatkan bagi pengembangan ilmun terkait;

    c.meningkatkan relevansi penilitian peendidikan matematika terhadap daya guna bagi kebutuahan masyarakat dan dunia kerja;

    d.meningkatkan kerja sama penelitian pendidkan matematikan denga stakeholder;

    e.meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihn penulisan karya ilmiah dan didiukung oleh fakults serta universitas memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional dan internsional yang bermutu;

  7. Bidang pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  8. a.peningaktan program pengabdian pada masyaraka yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan melalui pengabdian masyarakat;

    b.menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri sert melalui kerja sama dengan pemerinth provinsi dn pemerintah daerah kabupaten/kota serta CSR(corporate social responsibility) dunia usaha;

    c.memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran matematika di sekolah-sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema peningkatan mutu pembelajaran matematika.

  9. bidang pengembangan kerjasama instutisional
  10. Mengembangkan kerjasama nasional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri menuju pencapaian kualitas institusi berstandar nasional dengan cara:

    a.Peningkaatn kerja sama Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR dengan LPTK Penguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah,terutama pemerintah daerah provinsi Riau,dan provinsi Kepulauan Riau serta kawasan regional Sumatra dalam pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan;

    b.Melakuakan kerja sama penelitian dengan baik dengan lembaga manapun institusi pendidikan lainya;

    c.Menjalin kerja sama yang lembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR

  11. Bidang penunjang penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  12. a.peningkatan danpencukupan fasilitas utama mendukung sarana dan prasarana perkuliahan berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi;

    b.pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan,akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi;

    c.meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar;

    d.penataaan organisasi untukmendukung peningkatan mutu layanan dan efisiensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu;

    e.perbaikan birokrasi(peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat wakt;

    f.Menyiapkan fasilitas tracer study dengan komunikasi lebih intensif melalui internet(e-mail khusus yang dapat di akses oleh semau citivas akademika,blog program studi dan lain-lain),telepon dan sms.