Sejarah Pendidikan Olahraga

Data Belum Ada

Visi Program Studi Pendidikan Olahraga

"Terwujudnya program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi menjadi proram studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang unggul dalam ilmu pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionnalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman tahun 2020."

Misi Program Studi Pendidikan Olahraga

Misi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR adalah sebagi berikut :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang berkualitas dan terbakukan ;
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian, mendoorong terciptanya iklim penelitian yag baik dalam bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas;
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitass pelayanan dan pengabdian dalam bidang penengembangan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi;
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dengan lembaga pemerintahan dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Olahraga

Berdasarkan visi dan misi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR, maka untuk merealisasikan visi dan misi tersebut ditetapkan 3 tujuan pencapaian yang dirinci dalam beberapa sasaran strategis yang menggambarkan indicator pencapaian visi dan misi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR ketiga tujuan tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan diperaya masyarakat sehingga menghasilkan sarjana yang professional dan dapat diandalkan di bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dengan semangat pengabdian dan pelayanan yang dilindasi nilai moral dan etika keislaman;
  2. Menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia,bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman serta mampu memberikan sumbangan optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter bangsa;
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang berkualitas, kreatif, inovaatif, dan dapat bersaing di pasar kerj serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Olahraga

Program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sesuai yang tertuang di dalam renstra program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi 2012-2016.sasaran dan strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kurikulum dan perangkat kurikulum (silabus,SAP,kontrak kuliah dan bahan ajar) yang strandar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan
  3. Professionalisme sumber daya manusia di program studi penddidikan biologi
  4. Kualitas lulusan program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi memenuhi kualifikasi akademik yang kompetiitif
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang memenuhi standar ilmiah.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Olahraga

Kurikulum Prodi Olahraga dapat dilihat pada link berikut ini:

Kurikulum Prodi Olahraga 2008 Lihat Disini

Kurikulum Prodi Olahraga 2013 Lihat Disini

Program Kerja Program Studi Pendidikan Olahraga

Sasara dan strategi pencapaian sasaran tersebut tercakup dalam program kerja program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR 2012-2016 yang meliputi enam bidang pengembangan :

  1. Bidang organisasi dan manajemen
  2. a. Peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal strata dua (S2) dan strata tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional guru besar

    b. Peningkatan manajemen partifipatif,subtantif,serta transparansif dengan melibatkan selurruh komunitas fakultas,unit-unit pelaksanaan, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholder)

    c. Mewujudkan kelembagaan program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR yang kuat untuk mengoptimalkan efektifitas dan efisiensi penyenggraan pendidikan di program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR.

    d. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR

    e. Melakukan pengembangan system penjaminan mutu dengan membentuk gugus Kendal mutu (GKM)

    f. Penyusunan prosedur tetap operasional (PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

  3. Bidang pengembangan pendidikan dan kemahasiswaan
  4. a. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan menggunakan guru besar tamu dari luar universitas

    b. Rekontruksi dan pembangunan kurikulum pendidikan tinggi (KPT) 2013 program studi pendidikan biologi FKIP UIR sebagai LPTK yang berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI),traces study, bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dn pengintergritasan kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder

    c. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep studemt center learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah (problem based learning/PBL), melakukan upp-daring bahan ajar, kemudian akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.

    d. Meningkatan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti ; pembimbingan akademik (PA),program pengalaman lapangan (PPL) dan skripsi serta kegiatan non akademik (workshop,seminar,lokalkarya,pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainya.

    e. Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada tuhan yang Maha Esa,berakhlak mulia,bersemangat ilmiah,professional,mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi ,serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan dibidang pendidikan terutama pendidikan biologi

    f. Pengembangan softskills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan di luar kampus

  5. Bidang pengembangan penelitian dan karya ilmiah
  6. a. Peningkatan program penelitian dan karya ilmiah yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan konstribusi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan

    b. Melakukan sinergi riset-riset dibawah paying penelitian pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi sehngga lebih optimal manfaatnya bagi pengembangan ilmu terkait

    c. Meningkatkan relenvasi penelitian pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarkat dan dunia kerja

    d. Meningkatkan kerjasama penelitian pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dengan stakeholders

    e. Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah yang didukung oleh fakultas dan universitas serta memberikan insentif bagi penelitian yang mempblikasikan artikenya di jurnal nasional dan internasional yang bermutu

  7. Bidang pengabdian kepada masyarakat
  8. a. Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan

    b. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat mandiri serta melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupatenkota serta CSR (corporate social responsibility) dunia usaha.

    c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran jasmani kesehatan dan rekreasi di sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarkat bertema peningkatan mutu pembelajaran jasmani kesehatan dan rekreasi

  9. Bidang penunjang penyeleggaraan program studi
  10. a. Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berddasarkan standar nasional pendidikan tinggi

    b. Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan,akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi

    c. Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar

    d. Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisiensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu

    e. Perbaikan birokrasi (peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu

    f. Menyiapkan fasilitas tracer study dengan kkomunikasi yang lebih intensif melalui internet (email khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, blog program studi, social media dan lain-lain)