Sejarah Pendidikan Sendratasik

Program studi pendidikan sendratasik merupakan salah satu program studi yang ada difakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Islam Riau. Dimana keberadaan program studi ini sangat dibutuhkan oleh bidang pendidikan didaerah riau. Program studi ini mulai dibuka sejak tahun 1986 dengan status terdaftar berdasarkan SK mentri P dan K RI nomor 0387/o/1986 tertanggal 22 Mei 1986. Program studi pendidikan Sendratasik pernah menyelenggarakan dua jenjang pendidikan, yaitu : jenjang pendidikan strata 1 (S1) dan jenjang pendidikan diploma tiga (D3). Namun karena pemerintah menutup seluruh jenjang pendidikan diploma tiga dan dua yang berada dibawah IKIP & FKIP di Indonesia maka mulai tahun 1991 program studi pendidikan Sendratasik tidak lagi menerima mahasiswa untuk kedua jenjang pendidikan tersebut. Pada program studi pendidikan Sendratasik ini dikelola tiga bidang keahlian yaitu : Bidang seni drama, Seni Tari dan Seni Musik. Program studi ini adalah satu-satunya yang terdapat didaerah Riau sehingga alumni dari program tersebut sangat diperlukan sekali dalam pembangunan bidang pendidikan di Riau khususnya pada bidang pendidikan Sendratasik.

Visi Program Studi Pendidikan Sendratasik

"Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dalam ilmu pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesionalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman."

Misi Program Studi Pendidikan Sendratasik

Misi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR adalah sebagi berikut :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan seni drama musik dan tari (Sendratasik) yang berkualitas dan terbakukan.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian, mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik dalam bidang pendidikan seni drama musik dan tari (Sendratasik) sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan pendidikan seni drama musik dan tari (Sendratasik).
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang pendidikan seni drama musik dan tari (Sendratasik) dengan lembaga pemerintahan dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Sendratasik

Tujuan program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat sehingga menghasilkan sarjana yang profesional dan dapat diandalkan dibidang pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) dengan semangat pengabdian dan pelayanan yang dilandasi moral dan etika keislaman.
  2. Menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai- nilai keislaman serta mampu memberikan sumbangan optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter bangsa.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan dapat bersaing dipasar kerja serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Sendratasik

Program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sebagai berikut:

  1. Memiliki kurikulum dan perangkat kurikulum (Silabus, SAP, Kontrak Kuliah, Bahan Ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  3. profesionalisme sumber daya manusia di program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik).
  4. Kualitas lulusan program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) memenuhi kualifikasi akademik yang kompetitif.
  5. Kualitas dan kuantitas penelitian pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah dibidang pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) yang memenuhi standar ilmiah.
Untuk merealisasikan sasaran diatas program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik) melakukan aktifitas sebagai berikut
  1. Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodeik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan silabus, SAP, kontrak kuliah, bahan ajar, dan karya ilmiah.
  3. Meningkatkan kemampuan dosen dengan mengikuti seminar ilmiah/lokarya/penataran/workshop yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Meningkatkan kemampuan dosen melalui tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan program studi pendidikan seni drama tari dan musik (Sendratasik).
  5. Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan mahasiswa.
  7. Pengembangan program pendidikan profesi guru (PPG).
  8. Pengembangan laboratorium microteaching yang berbasis teknologi informatika, sekolah laboratorium, workshop tari, workshop musik dan theater, serta studio tari dan musik.
  9. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun swasta.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Sendratasik

Kurikulum Prodi Sendratasik dapat dilihat Disini

Tabel Daftar Dosen Sendratasik

Lihat Detail Tabel