Sejarah Pendidikan Sendratasik

Data Belum Ada

Visi Program Studi Pendidikan Sendratasik

"Terwujudnya program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) menjadi program stui pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) yang unggul dalam ilmu pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) menuju kemajuan dan perubahan yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat profesioalisme yang dilandasi moral dan etika keislaman tahun 2020."

Misi Program Studi Pendidikan Sendratasik

Misi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR adalah sebagi berikut :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) yang berkualitas dan terbakukan ;
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian, mendoorong terciptanya iklim penelitian yag baik dalam bidang pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas;
  3. eningkatkan kualitas dan kuantitass pelayanan dan pengabdian dalam bidang penengembangan pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik);
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dalam bidang pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) dengan lembaga pemerintahan dan swasta tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Sendratasik

Berdasarkan visi dan misi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR, maka untuk merealisasikan visi dan misi tersebut ditetapkan 3 tujuan pencapaian yang dirinci dalam beberapa sasaran strategis yang menggambarkan indicator pencapaian visi dan misi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR ketiga tujuan tersebut adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan diperaya masyarakat sehingga menghasilkan sarjana yang professional dan dapat diandalkan di bidang pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) dengan semangat pengabdian dan pelayanan yang dilindasi nilai moral dan etika keislaman;
  2. Menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia,bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman serta mampu memberikan sumbangan optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter bangsa;
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) yang berkualitas, kreatif, inovatif, dan dapat bersaing di pasar kerj serta relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Sasaran dan Strategi Program Studi Pendidikan Sendratasik

Program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) secara terencana telah merumuskan sasaran dan strategi pencapaian secara terukur sebagai parameter tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan sesuai yang tertuang di dalam renstra program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) 2012-2016.sasaran dan strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kurikulum dan perangkat kurikulum (silabus,SAP,kontrak kuliah dan bahan ajar) yang strandar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  3. Professionalisme sumber daya manusia di program studi penddidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik).
  4. Kualitas lulusan program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) memenuhi kualifikasi akademik yang kompetiitif.
  5. Kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) yang memenuhi standar ilmiah.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Sendratasik

Kurikulum Prodi Sendratasik dapat dilihat pada link berikut ini:

Kurikulum Prodi Sendratasik 2008 Lihat Disini

Kurikulum Prodi Sendratasik 2013 Lihat Disini

Program Kerja Program Studi Pendidikan Sendratasik

Sasara dan strategi pencapaian sasaran tersebut tercakup dalam program kerja program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR 2012-2016 yang meliputi enam bidang pengembangan :

  1. Bidang organisasi dan manajemen
  2. a. Peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal strata dua (S2) dan strata tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen pada berbagai jenjang terutama jabatan fungsional guru besar .

    b. Peningkatan manajemen partifipatif,subtantif,serta transparansif dengan melibatkan seluruh komunitas fakultas,unit-unit pelaksanaan, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholder).

    c. Mewujudkan kelembagaan program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR yang kuat untuk mengoptimalkan efektifitas dan efisiensi penyenggraan pendidikan di program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR.

    d. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR.

    e. Melakukan pengembangan system penjaminan mutu dengan membentuk gugus Kendal mutu (GKM).

    f. Penyusunan prosedur tetap operasional (PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik).

  3. Bidang pengembangan pendidikan dan kemahasiswaan
  4. a. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan menggunakan guru besar tamu dari luar universitas.

    b. Rekontruksi dan pembangunan kurikulum pendidikan tinggi (KPT) 2013 program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FKIP UIR sebagai LPTK yang berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI),traces study, bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dn pengintergritasan kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder.

    c. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep student center learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah (problem based learning/PBL), melakukan upp-daring bahan ajar, kemudian akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.

    d. Meningkatan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti ; pembimbingan akademik (PA),program pengalaman lapangan (PPL) dan skripsi serta kegiatan non akademik (workshop,seminar,lokalkarya,pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainya.

    e. Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada tuhan yang Maha Esa,berakhlak mulia,bersemangat ilmiah,professional,mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi ,serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik)

    f. Pengembangan softskills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan di luar kampus

  5. Bidang pengembangan penelitian dan karya ilmiah
  6. a. Peningkatan program penelitian dan karya ilmiah yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan konstribusi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) FIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan

    b. Melakukan sinergi riset-riset dibawah payung penelitian pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) sehingga lebih optimal manfaatnya bagi pengembangan ilmu terkait

    c. Meningkatkan relenvasi penelitian pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarkat dan dunia kerja

    d. Meningkatkan kerjasama penelitian pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) dengan stakeholders

    e. Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah yang didukung oleh fakultas dan universitas serta memberikan insentif bagi penelitian yang mempublikasikan artikenya di jurnal nasional dan internasional yang bermutu

  7. Bidang pengabdian kepada masyarakat
  8. a. Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi program studi pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) dalam proses pelaksanaan pembangunan di bidang pendidikan

    b. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat mandiri serta melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten kota serta CSR (corporate social responsibility) dunia usaha.

    c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) di sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarkat bertema peningkatan mutu pembelajaran Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik)

  9. Bidang penunjang penyeleggaraan program studi
  10. Mengembangkan kerjasama nasional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri menuju pencapaian kualitas institusi berstandar nasional dengan cara :

    a. Peningkatan kerjasama FKIP UIR dengan LPTK perguruan tinggi dalam negri dan luar negeri serta dunia usaha dan lembaga pemerintah, terutama pemerintah daerah di profinsi Riau, dan profinsi kepulauan Riau serta kawasan regional Sumatra dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan.

    b. Melakukan kerjasama penelitian dengan baik dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainya

    c. Menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas proram studi pendidikan seni drama tari dan music.

  11. Bidang penunjang penyeleggaraan program studi
  12. a. Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berddasarkan standar nasional pendidikan tinggi.

    b. Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan,akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi.

    c. Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar.

    d. Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisiensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

    e. Perbaikan birokrasi (peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

    f. Menyiapkan fasilitas tracer study dengan kkomunikasi yang lebih intensif melalui internet (email khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, blog program studi, social media dan lain-lain).