Bahasa Indonesia

Universitas Islam Riau

Profil Pendidikan Bahasa Indonesia

Setelah melaksanakan kegiatan workshop terhadap pencapaian VMTS program studi PBSI tahun 2016-2020, selanjutnya program studi menyusun sebuah VMTS periode 2021-2041 selama 20 tahun. Oleh karena itu dapat dirumuskan VMTS Program Studi tahun 2021-2041, sebagai berikut:

  • Visi Keilmuan

Menjadi pusat pembelajaran yang berorientasi kepada kajian Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berwawasan teknologi  berbasis iman dan taqwa di tahun 2041. 

  • Rumusan Misi

Adapun misi keilmuan pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berikut ini: 

  • Menyelenggarakan pengajaran di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang barkarakter Islami dan berwawasan global yang berbasis Ipteks dan Imtak. 
  • Meningkatkan sumber daya manusia, produktivitas, dan inovasi penelitian dan pengembangan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis ipteks dan imtak. 
  • Meningkatkan sumber daya manusia, produktivitas, dan inovasi pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Ipteks dan Imtak. 
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas Dakwah Islamiah di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Ipteks dan Imtak. 

 

Sejarah Program Studi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (PSPBSI FKIP UIR) didirikan pada Tanggal 4  September 1962 berdasarkan pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.1270/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pertama kali menerima mahasiswa pada Tanggal 1 Juli 1986. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau (FKIP UIR)  berdiri dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat (khususnya masyarakat di Provinsi Riau) untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan, khususnya di sektor pendidikan tinggi – bidang ilmu kependidikan dan keguruan. Iktikad yang mulia ini akhirnya terwujud dalam waktu yang relatif singkat melalui tiga peiodisasi upaya yang ditempuh oleh pihak UIR dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YPLI) Daerah Riau. Izin operasional FKIP dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah 1 Medan dengan  SK Izin Operasional Nomor 013/PD/Kop. I/82, tanggal 5 Juni 1982. Pada Periode kedua ini, Dewan pimpinan YPLI Daerah Riau mengangkat Dr. M. Diah Zainuddin, M.Ed. sebagai pejabat dekan dan Drs. Abu Bakar Rambah sebagai sekretaris fakultas. Kemudian dilanjutkan dengan penerimaan mahasiswa pertama sebanyak 86 orang. Setelah sekitar dua tahun menyelenggarakan perkuliahan, Departemen P dan K RI menerbitkan SK status terdaftar melalui SK Menteri P dan K RI Nomor 085/0/1984, tanggal 5 Maret 1984.

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Menjadi pusat pembelajaran yang berorientasi kepada kajian Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berwawasan teknologi  berbasis iman dan taqwa di tahun 2041.

KURIKULUM MBKM TAHUN 2021 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Tujuan Keilmuan

 

  1. Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter islami dan berwawasan global yang berbasis IPTEKS dan IMTAK;
  2. Menghasilkan produk penelitian yang terbarukan dan tepat guna yang berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dipublikasikan pada jurnal ilmiah skala Nasional dan Internasional berbasis IPTEKS dan IMTAK;
  3. Menyebarluaskan IPTEKS dan IMTAK yang berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, seminar, dan pendampingan pada jenjang SLTP/SLTA/MA sederajat;
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait ditingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dakwah islamiyah di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Profil Lulusan

 Profil Lulusan dan deskripsinya

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Pendidik Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajar BIPA

Pendidik pemula di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajar BIPA yang berkarakter keislaman merupakan  lulusan yang memiliki kemampuan sebagai tenaga pengajar yang berkarakter keislaman.

PL2

Jurnalis

Jurnalis merupakan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai pengumpul dan penulis berita di media massa cetak atau elektronik

PL3

Peneliti Pemula di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 

Peneliti pemula di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia merupakan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai pelaksana penelitian dibidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesiayang berkarakter keislaman

PL4

Sastrawan

Sastrawan merupakan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai penulis karya sastra, pelatih kegiatan sastra, dan kritikus sastra.

Data Dosen Bahasa Indonesia

Nama Jabatan
Desi Sukenti, S.Pd., M. Ed Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Dr. Asnawi, S.Pd., M. Pd Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Dr. Erni, M. Pd Dosen
Dr. Sudirman Shomary, M. A Dosen
Dr. Fatmawati, S.Pd., M.Pd. Dosen
Dr. Rika NIngsih, S.Pd., M. Pd Dosen
Noni Andriyani, S.S., M. Pd Dosen
Sri Rahayu, S.Pd., M. Pd Dosen
Alber, S.Pd., M. Pd Dosen
Dr. Muhammad Mukhlis, S.Pd., M. Pd Dosen
Hermaliza, S.Pd., M. Pd Dosen
Ermawati S, S.Pd., M. A Dosen
Dr. Roziah, S.Pd., M. A Dosen
Dr. Rhani Febria, S.Pd., M. Pd Dosen
Dr. Tri Yuliawan, S.Pd., M. Pd Dosen
Dr. Hidayatun Nur, S.Pd., M. Pd Dosen
Wilda Srihastutuy Handayani Piliang, S.Pd., M. Pd Dosen