MATEMATIKA

Universitas Islam Riau

Profil Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika  didirikan pada  tanggal 5 Maret 1984, sesuai dengan SK Menteri P dan K RI No. 085/0/1984. Pada awal berdirinya, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan, yaitu strata satu (S1), Diploma Tiga (D3) dan Diploma Dua (D2). Dari Awal berdiri, Program Studi Pendidikan Matematika mendapat status terdaftar, kemudian menjadi di akui, dan sampai pada hari ini memiliki status terakreditasi baik.

Sejak berdirinya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR sampai saat ini, telah terjadi beberapa pergantian tampuk kepemimpinan Program Studi.  

  1. Bapak Drs. Alzaber, M. Si 
  2. Bapak Drs. Abdurrahman, M. Pd. 
  3. Ibu Dr. Hj. Zetriuslita, S. Pd., M. Si. 
  4. Bapak Leo Adhar Effendi, S. Pd., M. Pd. 
  5. Bapak Rezi Ariawan, S. Pd., M. Pd.

Sejarah program Studi

Program Studi Pendidikan Matematika berada di bawah naungan FKIP UIR. Prodi ini mulai melaksanakan kegiatan pendidikan dengan menerima mahasiswa baru pada tahun 1984 (berdasarkan SK Menteri P dan K RI No. 085/0/1984 tanggal 5 Maret 1984 dengan status “Terdaftar”. Setelah melaksanakan kegiatan pendidikan selama 6 tahun tepatnya pada tahun 1990, berdasarkan usulan dari FKIP UIR bahwa  status Prodi Pendidikan Matematika  FKIP UIR sudah layak dinaikkan dari “Terdaftar” menjadi “Diakui” (berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0379/0/1990). Pada awal berdirinya, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan yaitu: Strata Satu (S1), Diploma Tiga (D3), dan Diploma Dua (D2). Tahun 1991, Pemerintah menutup seluruh jenjang Pendidikan D3 dan D2 yang berada di bawah IKIP & FKIP di seluruh Indonesia   termasuk D3 dan D2 yang ada pada Prodi Pendidkan Matematika FKIP-UIR. Jadi sejak itulah prodi kita tidak lagi menyelenggarakan pendidikan pada kedua jenjang pendidikan tersebut. Pada tahun 1995 pihak pemerintah melakukan perubahann dalam stratifikasi program Pendidikan di Indonesia, yaitu  dari Status Izin Operasional, Terdaftar, Diakui dan  Disamakan menjadi terdaftar/Izin Operasional Non terakreditasi  dan terakreditasi. Dengan terjadinya perubahan seperti ini maka pada tahun 1998 Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR mengusulkan  perubahan Status dari diakui menjadi Terakreditasi. Berdasarkan usulan tersebut, Badan Akreditasi Nasional mengukuhkan bahwa program Studi Pendidikan Matematika dipandang layak untuk diberikan Status “Terakreditasi”  dengan nilai C (SK Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor: 02600/BAN-PT/Ak-IV/UIFcd/XII/1998). Sejak itu pulalah Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR tidak lagi melaksankan Ujian Negara Cicilan. Pada Tahun 2005, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR  mengusulkan  peningkatan status akreditasi dan memperoleh nilai B (berdasarkan SK BAN PT Depdiknas RI Nomor : 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005). Pada tahun 2010, status  akreditasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR diajukan kembali  ke BAN PT dan mendapatkan nilai C  (berdasarkan SK BAN PT  Nomor :  030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 ). Pada tahun 2015, Status  akreditasi Prodi Pendidikan Matematika  FKIP UIR diajukan kembali ke BAN PT dan mendapat nilai B. Terakhir, pada awal tahun 2021 diajukan akreditasinya ke BAN PT dan masih mendapat nilai Baik

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Menjadi Program studi yang Unggul Untuk Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Peneliti Matematika yang Berwawasan Global, Berjiwa Edupheneurdan Berkarakter Islam  di tahun 2041.”

MISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berwawasan global dan berkarakter islami yang berbasis iman dan takwa;

  • Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembangan dan penerapan keilmuan dalam bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan kegiatan keislaman dalam rangka Dakwah Islamiyah baik secara kualitas maupun kuantitas yang berkaitan dengan pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan matematika

KURIKULUM MBKM TAHUN 2021 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Tujuan Keilmuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika secara umum adalah sebagai berikut:

Tabel 1.1 Matrik Tujuan dari Derivasi Misi Keilmuan Program Studi

Pendidikan Matematika

Misi

Tujuan

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berwawasan global dan berkarakter islami yang berbasis iman dan takwa;
  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, religius, dan mandiri dengan berlandaskan IPTEKS dan IMTAQ.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembangan dan penerapan keilmuan dalam bidang pendidikan matematika;
  1. Menghasilkan luaran penelitian yang berdampak pada pengembangan keilmuan dan pemecahan masalah – masalah pendidikan;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;
  1. Menghasilkan luaran pengabdian kepada masyarakat yang berdampak pada pengembangan keilmuan dan pemecahan masalah pendidikan dalam rangka peningkatan kemaslahan masyarakat. 
  • Menyelenggarakan kegiatan keislaman dalam rangka Dakwah Islamiyah baik secara kualitas maupun kuantitas yang berkaitan dengan pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;
  1. Penguatan pemahaman keagamaan pada civitas akademis pendidikan matematika dan peningkatan aktivitas Dakwah Islamiyah di bidang pendidikan.
  • Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan produktif dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi.

 

Strategi Keilmuan Program Studi

Strategi keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR meliputi beberapa bindang pengembangan, diantara yaitu:



Tabel 1.2 Matrik Strategi dari Derivasi Tujuan Keilmuan Program Studi

                  Pendidikan Matematika

Tujuan 

Strategi

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, religius, dan mandiri dengan berlandaskan IPTEKS dan IMTAQ.

a. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen.

  1. Peningkatan manajemen partisipatif, substantif, serta tranparansif dengan melibatkan seluruh komunitas fakultas, unit-unit pelaksana, dan kelompok kepentingan terkait (stakeholders).
  2. Mewujudkan kelembagaan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR yang kuat untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR dengan membentuk struktur organisasi Program Studi Pendidikan Matematika
  3. Memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi yang bermutu di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR dengan memanfaatkan media social dan IPTEKS
  4. Melakukan evaluasi dan pengembangan sistem penjaminan mutu Program Studi dengan melibatkan Gugus Kendali Mutu (GKM).
  5. Menyusun Prosedur Operasional (PTO) untuk mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Matematika.
  6. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan mengundang Guru Besar Tamu dari luar universitas. 
  7. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) 2020 Era Industri 4.0 berbasiskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan pengintegrasian kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stakeholder.
  8. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep Student Center Learning (SCL), serta belajar berdasarkan masalah  (Problem Based Learning/PBL), melakukan up-dating bahan ajar, kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, dan modul kuliah yang diterbitkan dosen.
  9. Meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik seperti; Pembimbingan Akademik (PA), Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Skripsi serta kegiatan non akademik (workshop, seminar, lokakarya, pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainnya.
  10. Peningkatan kualitas lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan sehingga berdaya saing tinggi, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan dibidang pendidikan terutama di bidang pendidikan matematika.
  11. Pengembangan soft-skills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan diluar kampus.
  12. Meningkatkan publikasi nasional maupun internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah bagi mahasiswa. 
  1. Menghasilkan luaran penelitian yang berdampak pada pengembangan keilmuan dan pemecahan masalah – masalah pendidikan;
  1. Peningkatan program penelitian dan karya ilmiah yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan khususnya pendidikan matematika.
  2. Melakukan sinergi riset-riset dibawah payung penelitian sehingga lebih optimal manfaatnya bagi pengembangan ilmu terkait.
  1. Meningkatkan relevansi penelitian terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.
  2. Meningkatkan kerjasama penelitian dengan stakeholders.
  3. Meningkatkan publikasi nasional dan internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah yang didukung oleh fakultas dan universitas serta memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal nasional terakreditasi dan internasional yang bereputasi.
  1. Menghasilkan luaran pengabdian kepada masyarakat yang berdampak pada pengembangan keilmuan dan pemecahan masalah pendidikan dalam rangka peningkatan kemaslahan masyarakat. 
  1. Peningkatan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih terarah dan lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kontribusi Progam Studi Pendidikan Matematika dalam proses pelaksanaan pembangunan dibidang pendidikan matematika.
  2. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat mandiri serta melalui kerja sama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota serta CSR (Corporate Social Responsibility) dunia usaha.
  3. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema peningkatan mutu pembelajaran Sekolah. 
  1. Penguatan pemahaman keagamaan pada civitas akademis pendidikan matematika dan peningkatan aktivitas Dakwah Islamiyah di bidang pendidikan.
  1. Melakukan kajian dan pembinaan keislaman secara terstruktur dan komprehensif. 
  2. Mewajibkan civitas akademika untuk lancar membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an. 
  3. Meningkatkan intensitas kegiatan keislaman.
  4. Memfasilitasi kegiatan dakwah kampus.
  5. Meningkatkan peran civitas akademika dalam pembinaan religiusitas masyarakat.
  1. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan produktif dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi.
  1. Melakukan kerjasama antar program studi Pendidikan Matematika baik dalam maupun luar negeri, pemerintah daerah, maupun dunia usaha dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat di bidang pendidikan matematika.
  2. Melakukan kerjasama penelitian dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainnya di dalam maupun di luar negeri.
  3. Menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi nasional dan internasional untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas Program Studi Pendidikan Matematika.
  4. Peningkatan dan pencukupan fasilitas utama pendukung sarana dan prasarana perkuliahan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  5. Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan, akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi.
  6. Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu proses belajar mengajar.
  7. Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.
  8. Meningkatkan tracerstudy dengan komunikasi yang lebih intensif melalui internet (email khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, blog program studi, social media dan lain-lain).

Profil Lulusan

Penetapan profil lulusan yaitu menetapkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan dibidang keahlian atau bidang kerja tertentu antara 1-3 tahun setelah menyelesaikan program studi. Profil dapat ditetapkan berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industry, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, penetapan profil lulusan juga di bahas dalam sarahan Asosiasi Pendidikan matematika (I-MES) pada bulan Desember 2020. Berdasarkan pertemuan tersebut, disepakati beberapa profil lulusan untuk pendidikan matematika. Berdasarkan pertimbangan tersebut, program studi pendidikan matematika menetapkan profil lulusan yang dapat dilihat pada tabel 1 berikut. 

Tabel 1. Profil Lulusan dan Deskripsinya

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

1

Pendidik Matematika

Individu yang melakukan proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang yang mampu mencipta pembelajaran kreatif dan inovatif melalui pembuatan media pembelajaran, mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, melakukan penilaian maupun evaluasi, memiliki jiwa kepemimpinan berakhlak mulia sehingga dapat menjadi tauladan, profesional dan kompetensi yang baik dibidang pendidikan matematika.

2

Peneliti Pemula Pendidikan Matematika

Individu yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan matematika, mampu menguasai metodologi penelitian, mempunyai kemampuan untuk mempublikasikan hasil temuan maupun pemikirannya dalam forum ilmiah maupun dalam jurnal, mempunyai kompetensi mengaplikasikan teknologi terhadap penelitian yang dilakukan.

3

Enterpreneur di bidang Pendidikan Matematika

Pendidik matematika yang mampu membangun usaha dengan menerapkan konsep kewirausahaan secara inovatif dan kreatif dalam perancangan dan pengelolaan pembelajaran serta bidang usaha lain yang mengimplementasikan konsep matematika. 

Data Dosen Pendidikan Matematika

Nama Jabatan
Rezi Ariawan, S. Pd., M. Pd. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika
Dr. Suripah, M. Pd. Sekretaris Program Studi Pendidikan Matematika
Prof. Dr. Hj. Zetriuslita, S. Pd., M. Si. Dosen
Dr. Hj. Sri Rezeki, S. Pd., M. Si. Dosen
Drs. Alzaber, M. Si. Dosen
Drs. Abdurrahman, M. Pd. Dosen
Dr. Dra. Mefa Indriati, M. Pd. Dosen
Leo Adhar Effendi, S. Pd., M. Pd. Dosen
Sindi Amelia, S. Pd., M. Pd. Dosen
Dr. Sari Herlina, S. Pd., M. Pd. Dosen
Dr. Indah Widiati, M. Pd. Dosen
Dr. Reni Wahyuni, S. Pd., M. Pd. Dosen
Dr. Nofriyandi, M. Pd. Dosen
Dr. Lilis Marina Anggraini, M. Pd. Dosen
Dr. Dedek Andrian, M. Pd. Dosen
Dr.Putri Wahyuni, S. Pd., M. Pd. Dosen
Dr. Astri Wahyuni, S. Pd., M. Pd. Dosen
Dr. Endang Istikhomah, S. Pd., M. Ed. Dosen