MATEMATIKA

Universitas Islam Riau

Sejarah

Program Studi Pendidikan Matematika berada di bawah naungan FKIP UIR. Prodi ini mulai melaksanakan kegiatan pendidikan dengan menerima mahasiswa baru pada tahun 1984 (berdasarkan SK Menteri P dan K RI No. 085/0/1984 tanggal 5 Maret 1984 dengan status “Terdaftar”. Setelah melaksanakan kegiatan pendidikan selama 6 tahun tepatnya pada tahun 1990, berdasarkan usulan dari FKIP UIR bahwa  status Prodi Pendidikan Matematika  FKIP UIR sudah layak dinaikkan dari “Terdaftar” menjadi “Diakui” (berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0379/0/1990). Pada awal berdirinya, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan yaitu: Strata Satu (S1), Diploma Tiga (D3), dan Diploma Dua (D2). Tahun 1991, Pemerintah menutup seluruh jenjang Pendidikan D3 dan D2 yang berada di bawah IKIP & FKIP di seluruh Indonesia   termasuk D3 dan D2 yang ada pada Prodi Pendidkan Matematika FKIP-UIR. Jadi sejak itulah prodi kita tidak lagi menyelenggarakan pendidikan pada kedua jenjang pendidikan tersebut. Pada tahun 1995 pihak pemerintah melakukan perubahann dalam stratifikasi program Pendidikan di Indonesia, yaitu  dari Status Izin Operasional, Terdaftar, Diakui dan  Disamakan menjadi terdaftar/Izin Operasional Non terakreditasi  dan terakreditasi. Dengan terjadinya perubahan seperti ini maka pada tahun 1998 Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR mengusulkan  perubahan Status dari diakui menjadi Terakreditasi. Berdasarkan usulan tersebut, Badan Akreditasi Nasional mengukuhkan bahwa program Studi Pendidikan Matematika dipandang layak untuk diberikan Status “Terakreditasi”  dengan nilai C (SK Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor: 02600/BAN-PT/Ak-IV/UIFcd/XII/1998). Sejak itu pulalah Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR tidak lagi melaksankan Ujian Negara Cicilan. Pada Tahun 2005, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR  mengusulkan  peningkatan status akreditasi dan memperoleh nilai B (berdasarkan SK BAN PT Depdiknas RI Nomor : 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005). Pada tahun 2010, status  akreditasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR diajukan kembali  ke BAN PT dan mendapatkan nilai C  (berdasarkan SK BAN PT  Nomor :  030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 ). Pada tahun 2015, Status  akreditasi Prodi Pendidikan Matematika  FKIP UIR diajukan kembali ke BAN PT dan mendapat nilai B. Terakhir, pada awal tahun 2021 diajukan akreditasinya ke BAN PT dan masih mendapat nilai Baik

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Menjadi Program studi yang Unggul Untuk Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Peneliti Matematika yang Berwawasan Global, Berjiwa Edupheneurdan Berkarakter Islam  di tahun 2041.”

MISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berwawasan global dan berkarakter islami yang berbasis iman dan takwa;

  • Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembangan dan penerapan keilmuan dalam bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan kegiatan keislaman dalam rangka Dakwah Islamiyah baik secara kualitas maupun kuantitas yang berkaitan dengan pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;

  • Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan matematika

KURIKULUM MBKM TAHUN 2021 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA