Program Studi Pendidikan Matematika didirikan pada tanggal 5 Maret 1984, sesuai dengan SK Menteri P dan K RI No. 085/0/1984. Pada awal berdirinya, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan, yaitu strata satu (S1), Diploma Tiga (D3) dan Diploma Dua (D2). Dari Awal berdiri, Program Studi Pendidikan Matematika mendapat status terdaftar, kemudian menjadi di akui, dan sampai pada hari ini memiliki status terakreditasi baik.
Sejak berdirinya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR sampai saat ini, telah terjadi beberapa pergantian tampuk kepemimpinan Program Studi.
Program Studi Pendidikan Matematika berada di bawah naungan FKIP UIR. Prodi ini mulai melaksanakan kegiatan pendidikan dengan menerima mahasiswa baru pada tahun 1984 (berdasarkan SK Menteri P dan K RI No. 085/0/1984 tanggal 5 Maret 1984 dengan status “Terdaftar”. Setelah melaksanakan kegiatan pendidikan selama 6 tahun tepatnya pada tahun 1990, berdasarkan usulan dari FKIP UIR bahwa status Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR sudah layak dinaikkan dari “Terdaftar” menjadi “Diakui” (berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0379/0/1990). Pada awal berdirinya, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan yaitu: Strata Satu (S1), Diploma Tiga (D3), dan Diploma Dua (D2). Tahun 1991, Pemerintah menutup seluruh jenjang Pendidikan D3 dan D2 yang berada di bawah IKIP & FKIP di seluruh Indonesia termasuk D3 dan D2 yang ada pada Prodi Pendidkan Matematika FKIP-UIR. Jadi sejak itulah prodi kita tidak lagi menyelenggarakan pendidikan pada kedua jenjang pendidikan tersebut. Pada tahun 1995 pihak pemerintah melakukan perubahann dalam stratifikasi program Pendidikan di Indonesia, yaitu dari Status Izin Operasional, Terdaftar, Diakui dan Disamakan menjadi terdaftar/Izin Operasional Non terakreditasi dan terakreditasi. Dengan terjadinya perubahan seperti ini maka pada tahun 1998 Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR mengusulkan perubahan Status dari diakui menjadi Terakreditasi. Berdasarkan usulan tersebut, Badan Akreditasi Nasional mengukuhkan bahwa program Studi Pendidikan Matematika dipandang layak untuk diberikan Status “Terakreditasi” dengan nilai C (SK Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Nomor: 02600/BAN-PT/Ak-IV/UIFcd/XII/1998). Sejak itu pulalah Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR tidak lagi melaksankan Ujian Negara Cicilan. Pada Tahun 2005, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR mengusulkan peningkatan status akreditasi dan memperoleh nilai B (berdasarkan SK BAN PT Depdiknas RI Nomor : 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005). Pada tahun 2010, status akreditasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR diajukan kembali ke BAN PT dan mendapatkan nilai C (berdasarkan SK BAN PT Nomor : 030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 ). Pada tahun 2015, Status akreditasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIR diajukan kembali ke BAN PT dan mendapat nilai B. Terakhir, pada awal tahun 2021 diajukan akreditasinya ke BAN PT dan masih mendapat nilai Baik
VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
“Menjadi Program studi yang Unggul Untuk Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Peneliti Matematika yang Berwawasan Global, Berjiwa Edupheneurdan Berkarakter Islam di tahun 2041.”
MISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berwawasan global dan berkarakter islami yang berbasis iman dan takwa;
Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembangan dan penerapan keilmuan dalam bidang pendidikan matematika;
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;
Menyelenggarakan kegiatan keislaman dalam rangka Dakwah Islamiyah baik secara kualitas maupun kuantitas yang berkaitan dengan pengembangan dan implementasi keilmuan di bidang pendidikan matematika;
Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perguruan tinggi lain, instansi terkait, dunia usaha dan industri dalam bidang pendidikan matematika
KURIKULUM MBKM TAHUN 2021 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika secara umum adalah sebagai berikut:
Tabel 1.1 Matrik Tujuan dari Derivasi Misi Keilmuan Program Studi
Pendidikan Matematika
Misi | Tujuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Strategi Keilmuan Program Studi
Strategi keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR meliputi beberapa bindang pengembangan, diantara yaitu:
Tabel 1.2 Matrik Strategi dari Derivasi Tujuan Keilmuan Program Studi
Pendidikan Matematika
Tujuan | Strategi |
| a. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan formal Strata Tiga (S3) serta kualifikasi jabatan fungsional dosen.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penetapan profil lulusan yaitu menetapkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan dibidang keahlian atau bidang kerja tertentu antara 1-3 tahun setelah menyelesaikan program studi. Profil dapat ditetapkan berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industry, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, penetapan profil lulusan juga di bahas dalam sarahan Asosiasi Pendidikan matematika (I-MES) pada bulan Desember 2020. Berdasarkan pertemuan tersebut, disepakati beberapa profil lulusan untuk pendidikan matematika. Berdasarkan pertimbangan tersebut, program studi pendidikan matematika menetapkan profil lulusan yang dapat dilihat pada tabel 1 berikut.
Tabel 1. Profil Lulusan dan Deskripsinya
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Pendidik Matematika | Individu yang melakukan proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang yang mampu mencipta pembelajaran kreatif dan inovatif melalui pembuatan media pembelajaran, mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, melakukan penilaian maupun evaluasi, memiliki jiwa kepemimpinan berakhlak mulia sehingga dapat menjadi tauladan, profesional dan kompetensi yang baik dibidang pendidikan matematika. |
2 | Peneliti Pemula Pendidikan Matematika | Individu yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan matematika, mampu menguasai metodologi penelitian, mempunyai kemampuan untuk mempublikasikan hasil temuan maupun pemikirannya dalam forum ilmiah maupun dalam jurnal, mempunyai kompetensi mengaplikasikan teknologi terhadap penelitian yang dilakukan. |
3 | Enterpreneur di bidang Pendidikan Matematika | Pendidik matematika yang mampu membangun usaha dengan menerapkan konsep kewirausahaan secara inovatif dan kreatif dalam perancangan dan pengelolaan pembelajaran serta bidang usaha lain yang mengimplementasikan konsep matematika. |
Nama | Jabatan |
---|---|
Rezi Ariawan, S. Pd., M. Pd. | Ketua Program Studi Pendidikan Matematika |
Dr. Suripah, M. Pd. | Sekretaris Program Studi Pendidikan Matematika |
Prof. Dr. Hj. Zetriuslita, S. Pd., M. Si. | Dosen |
Dr. Hj. Sri Rezeki, S. Pd., M. Si. | Dosen |
Drs. Alzaber, M. Si. | Dosen |
Drs. Abdurrahman, M. Pd. | Dosen |
Dr. Dra. Mefa Indriati, M. Pd. | Dosen |
Leo Adhar Effendi, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Sindi Amelia, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Dr. Sari Herlina, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Dr. Indah Widiati, M. Pd. | Dosen |
Dr. Reni Wahyuni, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Dr. Nofriyandi, M. Pd. | Dosen |
Dr. Lilis Marina Anggraini, M. Pd. | Dosen |
Dr. Dedek Andrian, M. Pd. | Dosen |
Dr.Putri Wahyuni, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Dr. Astri Wahyuni, S. Pd., M. Pd. | Dosen |
Dr. Endang Istikhomah, S. Pd., M. Ed. | Dosen |
Fakultas
Kegururuan dan Ilmu Pendidikan
Kampus Universitas Islam Riau
Jl. Kaharuddin Nasution 113, Pekanbaru 28284
Indonesia
Telepon : +62 821-7332-1100
Email : [email protected]