Seni Pertunjukan

Universitas Islam Riau

Sejarah

Nama Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP – UIR, resmi digunakan bersamaan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekbologi Republik Indonesia, Nomor 126/E/A/2024, pada tanggal 17 Januari 2024. Pada dasarnya, program studi ini telahpun berjalan dengan nama Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (SENDRATASIK). Prodi Sendratasik FKIP UIR didirikan pada tahun 1986, berdasarkan izin Direktoran Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 0387/o/1986. Adapun yang menjadi ketua prodi ketika itu adalah Drs. Al-Azhar, selama 4 tahun dan kemudian dilanjut kepada H. Muslim, S.Kar, M.Sn selama beberapa periode. Prodi Sendratasik juga pernah dipimpin oleh Hj. Yahyar Erawati, S.Kar., M.Sn, Selanjutnya prodi Sendratasik juga pernah dipimpin oleh Dr. Nurmalinda, M.Pd., dan kemudian dilanjutkan oleh Dewi Susanti, S.Sn., M.Sn. Periode berikutnya Prodi Sendratasik dipimpin oleh Evadila, S.Sn., M.Sn., dan saat ini hingga Oktober 2025, prodi ini dipimpin oleh Idawati, S.Pd., M.A.

 

Didirikannya Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, adalah untuk menjawab kebutuhan tenaga pendidik seni sebagai salah satu pilar pembentukan karakter bangsa. Keunggulan Prodi Seni Pertunjukan dalam pengembangan ilmu adalah mengembangan model atau strategi pembelajaran seni pertunjukan, terintegritas dan menumbuhkan jiwa yang beradab serta mampu hidup rukun dan harmonis di lingkungan masyarakat yang majmuk. Selain itu, keunggulan lain juga dapat dilihat dari kemampuan imajinasi intelektual dan ekspresif. Artinya, melalui pendidikan seni pertunjukan, mahasiswa dituntut untuk memiliki kepekaan rasa, keterampilan serta mampu menerapkan teknologi dalam berkreasi di dalam karyanya.

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN

Menjadi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan yang Unggul, Adaftif dan Berkalas Dunia berbasis iman dan taqwa di tahun 2041.”

MISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Pendidikan Seni Pertunjukan yang berkualitas, unggul dan berdaya saing tinggi, adaptif, beriman dan bertakwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia, cinta tanah air, berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab.
  2. Menyelenggarakan penelitian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bereputasi internasional yang berbasis iman dan takwa
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang terkait dalam bidang pendidikan Seni pertunjukan yang berbasis iman dan takwa
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian dalam bidang pengembangan pendidikan Seni Pertunjukan

KURIKULUM MBKM TAHUN 2021 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN